headerphoto

Kuliah Kerja Lapangan di Kota Batu Malang

Rabu, 27 Juli 2011 10:57:03 - oleh : admin

Untuk mendukung program perkuliahan,program studi agroteknologi dan sebagai uji coba diluar perkuliahan maka diadakannya kuliah kerja lapangan (KKL) di Malang. Berangkat dari Jogja sekitar jam 21.00 WIB,pada tanggal 19 Juli 2011 yang diikuti oleh 32 mahasiswa dan 4 dosen pembimbing. Perjalanan pun dimulai,Alhamdulillah perjalanan lancar sampai Malang dan transit di BLK Wonojati Singosari pada tanggal 20 Juli 2011,jam 04.00 untuk mandi,sholat dan istirahat.

Kemudian setelah sarapan,jam 07.00 WIB,dilanjutkan perjalanan untuk kunjungan ke home industri pengolahan makanan di Malang. Antara lain kunjungan ketoko yang menjual anekaragam hasil dari home industri seperti kripik dari buah-buahan dan kunjungan ke home industri pengolahan makanan ringan tempe kripik.Ternyata untuk memulai usaha yang berasal dari sektor pertanian, tidak begitu banyak kendala.

Waktu pun beranjak siang, matahari mulai memencarkan sinarnya kami segera menuju ke Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan serat (BALITAS). Disinilah banyak hal yang menarik, salah satunya ialah kita dapat mengetahui  beberapa tanaman yang dapat dimanfaatkan menjadi produk minuman yang dikonsumsi bahkan bernilai jual tinggi.Tentunya semua itu didukung dengan adanya inovasi teknologi yang dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang berintegritas tinggi. Misalnya, varietas rosela minuman, formula minuman, formula sabun dari minyak biji kapas, budidaya jarak pagar, kapas dan tembakau lokal.      

Kami melanjutkan  prjalanan ke kebun Apel Batu Malang dengan pemandangannya yang indah. Sejauh mata memandang didepan kami sudah ada banyak pohon apel yang siap untuk dipetik.Di Apel Batu Malang terdapat 3 jenis buah apel, antara lain: Apel Ana, Apel Manalagi, Apel Rome beauty Kami dapat memetik sendiri bahkan memakan langsung buah apel tersebut, serasa pemilik kebun.

Waktu telah berlalu, haripun semakin sore tepat jam 16.00 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju tempat terakhir yaitu Wisata di BNS Batu. Disana kami dapat menikmati wahana-wahana permainan.Semua kegiatan pun berakhir kita melanjutkan perjalanan untuk pulang ke Jogja disertai pula dengan makan malam dan istirahat sejenak untuk melanjutkan perjalanan pulang. Dan tibalah kami dijogja jam 03.00 WIB, perjalanan Kuliah Kerja Lapangan ini sangat berkesan, kami mendapatkan pengalaman baru, dapat mengetahui masalah-masalah yang ada, mempraktekan teori yang didapat dari perkuliahan serta kami dapat berinteraksi dengan pelaku-pelaku pertanian secara langsung.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya