headerphoto

Kuliah kerja lapangan 2013

Minggu, 7 Juli 2013 08:33:18 - oleh : admin

Senin, 1 juli 2013 kami mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi mengunjungi beberapa tempat di Semarang dan Wonosobo. Kami mengikuti KKL selama dua hari satu malam.

Perjalanan dimulai pukul 07.15 dari kampus I. Kunjungan pertama kami adalah industri jamu Nyonya Meneer, yang merupakan salah satu industri jamu terbesar di Indonesia. Namun, karena macet bus yang kami tumpangi terlambat sekitar satu jam dari jadwal. Maka, kami tidak diperbolehkan masuk.

Meski demikian kami tetap melanjutkan perjalanan ke objek berikutnya, yaitu museum jamu Nyonya Meneer. Sesampainya disana kami masuk ke auditorium dan diberi penjalasan oleh pemandu, setelah itu kami diajak untuk berkeliling kebun jamu yang ada di belakang gedung. Di kebun kami mendapatkan banyak pengetahuan tentang tanaman obat. Banyak tanaman yang kami pikir hanya tumbuhan pengganggu ternyata memiliki banyak manfaat.

Setelah sekitar satu jam berkeliling kebun dengan didampingi pemandu, kami kembali ke auditorium untuk penutupan dan memberikan kenang-kenangan, setelah itu makan siang.

Tempat yang akan kami kunjungi selanjutnya adalah pabrik kopi Banaran, merupakan salah satu pabrik kopi yang berada di Semarang.

Kemudian dilanjutkan ke Dieng. Salah satu tempat wisata populer di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Dieng merupakan dataran tinggi yang masuk wilayah kabupaten wonosobo dan kabupaten Banjarnegara.

Meski terkendala oleh perbaikan jalan dan udara dingin, kami tetap menikmati perjalanan.

Kunjungan terakhir adalah pabrik Teh Tambi, disana kami kembali berkeliling kebun. Tentu bukan tanaman jamu yang kami jumpai, melainkan hamparan pohon teh yang luas. Dan sebagai penutup perjalanan, kami disuguhi teh panas has Tambi.

Sungguh perjalanan yang sangat menyenangkan dan tentu bermanfaat untuk kami. Banyak hal baru yang kami dapatkan. 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya